Gereja Tuhan Asosiasi Misi Dunia Diundang ke Konferensi Tingkat Tinggi CERF PBB

Gereja Tuhan Asosiasi Misi Dunia telah diundang ke Konferensi Tingkat Tinggi Dana Tanggap Darurat Pusat PBB (UN Central Emergency Response Fund / UN CERF) pada tahun 2016. Pada Desember 13, Kepala Pendeta Kim Joo-cheol menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi CERF yang diadakan di ruang pertemuan Dewan Perekonomian dan Sosial di Markas Besar PBB AS. Dengan kualifikasi sebagai perwakilan dari Gereja Tuhan, dan dia membuat pernyataan motivasi dengan berkata, “Kami akan membantu keluarga di lingkup global bersama PBB dengan hati Ibu.”

UN CERF adalah organisasi yang dibentuk untuk membantu orang-orang yang menderita dalam krisis dengan cara kemanusiaan. Konferensi Tingkat Tinggi diselenggarakan UN CERF pada setiap akhir tahun. Konferensi kali ini dimulia dengan sambutan pembukaan oleh Ban Ki-Moon Sekjen PBB saat itu, dan dipimpin oleh Stephen O’Brien dari Kantor Koordinasi Urusan Kemanusiaan PBB (Office for the Coordination of Humanitarian Affairs). Jumlah keseluruhan ada 200 anggota termasuk negara-negara anggota dan pengamat PBB, Badan-badan PBB, organisasi nonpemerintah, yayasan dan sektor swasta yang menghadiri konferensi ini.

Kepala Pendeta Kim Joo-cheol berkata, “Gereja Tuhan percaya kepada Tuhan Bapa dan Tuhan Ibu dari Alkitab, dan menjaga kebenaran dari perjanjian baru yang didirikan oleh Yesus Kristus.” Dia juga menjelaskan bahwa kampanye pembersihan lingkungan, pemberian makanan, tim tanggap darurat dan segala macam kegiatan kemanusiaan berasal dari “kasih Ibu”. Menyatakan simpati dan dukungannya kepada PBB dan organisasi pendukung yang membantu negara dan tetangga yang mengalami krisis, dia berjanji untuk terus bekerja sama dan mendukung dengan sepenuh hati dari Gereja Tuhan. (rekomendasi: UN Web TV 3:01-3:03)

Menurut pejabat-pejabat PBB, Gereja Tuhan adalah gereja pertama yang diundang ke Konferensi Tingkat Tinggi UN CERF dan juga satu-satunya organisasi swasta yang telah menjanjikan dana dukungan. Bersama dengan perwakilan masing-masing negara dan badan PBB, belum pernah terjadi sebelumnya, Gereja Tuhan Asosiasi Misi dunia diundang ke pertemuan ini meskipun itu adalah organisasi agama, karena anggota-anggota terus-menerus ikut serta dalam bantuan darurat yang meluas dan kegiatan sukarela.

Hubungan pertama antara Gereja Tuhan dan UN CERF membawa kita kembali ke 2010. Ketika Haiti terjadi gempa bumi, Gereja Tuhan mengadakan konser amal untuk membantu para korban gempa dan menyumbangkan $100.000 ke UN CERF. Ketua Kemitraan Global PBB Amir Dossal mengusulkan kerja sama yang berkelanjutan dengan berkata, “Kami melihat potensi bahwa dunia dapat berubah jika Gereja Tuhan yang menyampaikan kasih Ibu akan memimpin. Kami berharap Gereja Tuhan dan UN akan bekerja sama dari sekarang.” (Rekomendasi CERF 2010 Annual Report p.35)

Pada November 2016, Kepala Sekretariat CERF Lisa Doughten mengirimkan video ucapan selamat untuk “Konser Amal untuk Bantu Korban Gempa Bumi di Haiti” yang diadakan Gereja Tuhan Denver, Colorado dengan berkata, “Saya mengucapkan selamat Gereja Tuhan Asosiasi Misi Dunia atas usahanya yang berkelanjutan untuk meningkatkan persatuan dan persahabatan di antara masyarakat dunia di luar kewarganegaraan, ras, agama, dan status sosial ekonomi, dengan melakukan berbagai inisiatif termasuk bantuan korban bencana dan dukungan masyarakat.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *